Cari Ilmu Yuuck...

Minggu, 31 Januari 2010

Adakah Reinkarnasi, Perjalanan Arwah dari satu Jasad ke Jasad Lainnya

Penulis: Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al Ilmiyah wal Ifta’

 

Pertanyaan:

 

Seorang guru filsafat berkata kepada kami, bahwasanya arwah mengalami perpindahan dari seseorang kepada yang lainnya. Apakah ini benar? Kalau benar, bagaimana bisa bahwa arwahlah yang mengalami adzab dan dihisab?

 

Kalau seandainya berpindah, maka yang dihisab adalah orang lain?

 

Jawab:

 

Apa yang guru filsafat tersebut katakan kepada kalian bahwasanya arwah seseorang berpindah kepada yang lainnya, tidaklah benar.

 

Dan asalnya adalah firman Allah Ta’ala yang artinya, “Dan (ingatlah), ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Rabb kalian?” Mereka menjawab, “Tentu, kami menjadi saksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami adalah orang yang lalai dari perkara ini.” (Al A’raf 172).

 

Dan telah datang tafsir dari ayat ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Malik di “Al Muwattha” bahwasanya Umar bin Khatab radhiallahu ‘anhu ditanya tentang ayat ini, (yang artinya): “Dan (ingatlah), ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Rabb kalian?” Mereka menjawab, “Tentu, kami menjadi saksi.” (Kami lakukan yang demikian itu)

 

agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami adalah orang yang lalai dari perkara ini.” (Al A’raf 172), maka beliau menjawab: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentangnya, maka beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah Ta’ala menciptakan Adam kemudian Allah mengusap punggung Adam dengan tangan kananNya, maka dikeluarkan darinya anak keturunannya. Kemudian Allah berkata,”Aku ciptakan mereka sebagai penduduk surga, dan mereka akan beramal dengan amalan penduduk surga.” Kemudian Allah mengusap (lagi) punggung Adam, maka dikeluarkan darinya anak keturunannya (yang lain).

 

Maka Allah berkata, “Aku ciptakan mereka sebagai penghuni neraka, dan mereka akan beramal dengan amalan penghuni neraka.(HR. Imam Malik, Imam Ahmad dan yang lainnya.).

 

Ibnu Abdil Bar berkata, “Makna dari hadits ini telah shohih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari berbagai jalan dari hadits Umar bin Khatab, Abdullah bin Mas’ud, Ali bin Abi Tholib, Abu Hurairah dan yang lainnya radhiallahu ‘anhum ajma’in.

 

Begitu juga Ahlu Sunnah wal Jama’ah telah sepakat terhadap hal tersebut. Mereka menyatakan: “Sesungguhnya perkataan tentang reinkarnasi arwah dari satu jasad kepada jasad yang lainnya adalah perkataannya ahlu at tanasukh (golongan yang berpendapat adanya reinkarnasi) dan mereka adalah sekafir-kafirnya manusia dan perkataan mereka ini adalah sebatil-batilnya perkataan.

 

Fatwa Al Lajnah Ad Daimah (2/434-435) Penerjemah: Ayub Abu Ayub

 

Dikutip dari Darussalaf.or.id offline dari http://mimbarislami.or.id/ Penulis: Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al Ilmiyah wal Ifta’, Penerjemah Al Ustadz Ayub Abu Ayub, Judul: Adakah Reinkarnasi perjalanan arwah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar